Wednesday 1 February 2017

Membuat Detergent Cair Sendiri

Suatu ketika, saya melihat ada sebuah botol bekas minuman mineral dirumah, yang isinya telah berubah menjadi sesuatu yang lain. Setelah saya tanya sang manager rumah tangga yang dijabat oleh istri saya, tentang isi yang beda itu, beliau menjawab bahwa itu adalah cairan sabun pencuci piring yang didapatnya dari membeli kepada temannya dengan harga yang jauh lebih murah daripada yang bermerek dipasaran.

Oooowww jadi segitu mudahnya kah membuat sabun pencuci piring, sehingga bisa dibuat dan dipasarkan secara individu. Otak iseng saya yang agak nakal mulai melancarkan serangan dan memerintahkan batin saya untuk mencoba membuat.

Seperti biasa, rencana saya dimulai dari mencari informasi di internet, dari cara, harga sampai kemungkinan bahwa saya bisa membuatnya dengan alat-alat yang tersedia dirumah.

Setelah sekian banyak website yang saya telusuri dan saya pelajari, indra keenam saya yang bernama intuisi (wkwwkw)... menunjuk salah satu webblog yang selanjutnya menjadi referensi saya.

Menurut webblog tersebut saya harus memulai dengan menyediakan beberapa bahan, yaitu:

1. Pengental / CMC sebanyak 1,5%     Rp. 120,000/kg (food grade kata abangnya)
2. ABS / Texapone sebanyak 10%       Rp.   35,000/kg
3. STPP sebanyak 2%                          Rp.   15,000/kg
4. Soda Ash sebanyak 8%                    Rp.   10,000/kg
5. Aquadest sebanyak 78,5%               Rp.     9,000/ltr (saya pakai air aki....)
6. Pewarna secukupnya (optional)
7. Parfum secukupnya (optional)
8. Anti baktreri secukupnya (optional)

Bahan-bahan diatas diperoleh di toko kimia dekat rumah saya....(kalo mau nitip beliin boleh... tapi tambah 10% dan ongkir....hahaha)

Cara membuatnya:
1. Setelah bahan-bahan tersebut diatas didapat, timbanglah bahan tersebut sesuai dengan komposisinya yang disesuaikan dengan berapa banyak yang kita akan buat.
2. Tuangkan pengental CMC kedalam aquadest sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan mixer. CMC memerlukan waktu agak lama untuk dapat tercampur. Setelah CMC tercampur, diamkan selama k.l 3 jam supaya tercampur dengan sempurna. Air yang tercampur CMC akan menjadi kental.
3. Tuangkan ABS/Texapone perlahan kedalam campuran tadi lalu mix sampai warna berubah menjadi agak putih.
4. Tuangkan STTP dan Soda Ash secara perlahan kedalam campuran tadi lalu mix sampai tercampur dengan sempurna.
5. Setelah campuran sempurna baru beri pewarna, pewangi dan anti bakteri satu persatu sambil terus diaduk.

Menurut webblog tadi, pemberian anti bakteri sebagai pengawet detergent yang kita buat katanya sampai 2 tahun..... (kira-kira habis ga 2 tahun....???)

Review--
Setelah saya praktekan sesuai dengan komposisi diatas, saya dapatkan :
1. Detergent yang saya buat terlalu kental sehingga sulit mengalir jika dituang.
2. Busa yang keluar terlalu sedikit, jika saya tambahkan larutannya kedalam cucian akan makin boros.

Untuk itu saya akan mencoba untuk mengurangi komposisi CMC dan menambah komposisi Texapon.

Demikian cara membuat detergent cair. semoga bermanfaat.

(yanbuset)

Ref :  http://resepkimiaindustri.blogspot.co.id/2015/01/cara-membuat-deterjen-cair-resep.html

3 comments:

  1. Mas buset, itu penggunaan anti Bakteri berpungsi untuk menghindari aroma tidak sedap ya, Biasa kalau deterjen yg kita beli di pasaran pas pisisi Pakaian kita rendam terlalu lama akan mengeluarkan Aroma tdk sedap. nah kalau deterjen ini gimana mas tolong dong infonya mas???

    ReplyDelete
  2. Salam kang ade... Trimakasih udah mampir ke blog saya...
    Bau itu timbul dr bakteri yang berkembang biak, maka disarankan untuk merendam cucian tidak lebih dr 1 jam. Selain merusak struktur dan warna pakaian juga menimbulkan bau yg agak sulit dihilangkan.
    Anti bakteri bisa membantu tp tidak bisa signifikan menghindarkannya dr bau.

    Salam...

    ReplyDelete
  3. baik mas makasih infonya... artikelnya sanagat membantu.. di tunggu artikel lainya ya mas.

    ReplyDelete